Trip Hemat Murah ke Pulau Pari, Makan seafood (bukan khayalan) lagi

Jumat malam nya :

Gw : bro gimana jadi ngga nih kita besok ?

Mamad : gw tunggu di pak gens !

Gw : ok

…..

Tiba di pak gens—

Gw : gimana ?

Mamad : gini bro kita tetep jadi, ketemu besok di kota jam 6, ntr naik km kerapu

Gw : sendiri ?

Mamad : yo..

….

Sabtu pagi,

Gw : faiz, mamad gw udah sampai di kota ya (jam 05.15)

Mamad : oke bro, langsung ke kaliadem aja ntar lu beliin dulu tiket km kerapu nya (kira-kira 50k)

Faiz : lhoh jadi emang ? gw baru bangun.. yaudah gw cuz kesana

Hai..hai semua kali ini lagi pengen cerita tentang jalan-jalan kemarin 22/10/2016 ke pulau pari. Lebih tepatnya jalan-jalan cantik dadakan sih. Planning udah seminggu mulai dari cari-cari travel agen yang melayani trip ke pulau pari (udah), bandingin harga (udah), kontak travel (udah), tapi fix semua full booked. Klo temen-temen trip pakai travel kisaran biaya nya sih 360-400k, itu sudah dengan iten yang mereka atur dan pokoknya tinggal jalan lah.

Lama nyari ternyata ngga ada travel yang kosong, akhirnya malem jumat nya kami putusin untuk jalan sendiri ke pulau pari nya. Berbekal ilmu trip yang ngga seberapa, namun dengan semangat “nekad” kami tetap berangkat hari sabtu paginya.

Meeting poin kami sebenarnya sih di Jakarta kota, namun karena mereka (faiz dan mamad) baru bangun jam 5.30 jadi akhirnya kami rubah MP kami di Pelabuhan Kali Adem. Gw sampe disana lebih awal, nanya-nanya orang dan cek tiket kapal, ngobrol sama siapapun yang bias ngasih tahu saya tentang “gimana perjalanan kesana” sampai cek KM Kerapu yang akhirnya kami tahu kenapa tidak beroperasi sudah lebih dari 3 hari. Rencana awal memang naik KM Kerapu (milik dishub), namun ternyata KM Kerapu nya lagi ada masalah dengan bensin (maklum uang nya lagi seret katanya). Akhirnya diputusin naik kapal tradisional, denger namanya kupikir itu semacam kapal buat nyari ikan gitu yang kecil taunya kapal nya gede juga (muat kali 50 orang lebih). Harga masing-masing tiket berbeda, antara ke pulau pari, pulau harapan, pulau tidung. Emang perbedaan nya ngga jauh sih, contoh ke pulau pari aja 40k, klo ke pulau lain sekitaran lebih atau kurang 5k an lah.

Jadilah sampai jam 8 gw nungguin mereka di kali adem, baru nongol mereka, akhirnya kami naik ke kapal menuju pulau pari. Sesampainya di pulau pari, perut berasa mual karena tergoncang-goncang arus laut, jadilah kami makan dulu. Untuk menu nasi, tempe, tahu dan hati ampela per porsi kena dengan harga 16k, itu ngga pake porsi minum ya..

Setelahnya kami keliling entah kemana, muter-muter karena tak tahu harus kemana kami Tanya-tanya orang. Ditawarinlah rumah perkamar 350k, sudah menggunakan AC dan disediakan air galon deket kamar. Kebetulan si bapak yang punya rumah ini punya sepeda, sekalian kami sewa sepeda dan kamar dengan proses alot menawar-nawar harga. Dapatlah harga 400k untuk 1 kamar AC dan 3 buah sepeda dengan sewa selama sehari.

Ada yang menarik bagi kami, di depan toko si bapak ini ada mbak mbak penjual telur gulung. Karena emang pada doyan makan penasaranlah ya kami, belilah kami jajanan ini. Menu nya ada 3, telur mie gulung, cireng bulat, dan cireng bulat gulung telur. Per porsi (tusuk) harga nya 2k rupiah, entah laper atau doyan kami makan 4 porsi😀 bahkan lebih kurasa.

Dapat penginepan udah, makan udah, jajan (berlebihan) udah, sewa sepeda udah nah abis itu kita explore pulau pari. Pertama kami ke pasir perawan naik sepeda dan biaya masuk 5k parkir gratis. Sampai disana foto-foto, renang-renang dan lanjut minum es kelapa muda. Berrrr seger banget udaranya disini ya, meski pantai panas, tapi sejuk (karena mendung  dikit sih). Kurasa inilah enaknya jalan sendiri ngga pake travel agen untuk jalan-jalan. Kami bisa lebih leluasa untuk menikmati tiap waktu yang ada.

Siang hari menjelang sore sekitar pukul 14.00 lebih kami sudah siap dengan pakaian snorkeling. Tapi yang belum ada adalah kapal dan alat snorkeling nya hehee.. yaa..tetep jalan ke depan penginapan dulu, lihat-liat kali ada yang mau ngasih tumpangan gratis (tentunya sambil makan telur gulung). Nanti akhirnya telur gulung ini menjadi penyebab faiz dan mamad muntah-muntah di tengah laut..hahaha

Nanya-nanya lagi, trus ada yang nawarin “mau kapal mas ?”, dan terjadilah transaksi tawar menawar dan pembayaran (dibelakang). Kita dapat kapal beserta alat snorkeling untuk 3 orang seharga 350k, dapat rompi renang, kacamata namun tidak dengan kaki kataknya. Katanya di pulau pari lagi digencar-gencarkan perawatan terumbu karang, jadi nya yang snorkeling sebisa mungkin tidak menggunakan fin(kaki katak). Tujuan apalagi klo bukan menjaga habitat terumbu karang yang suka kita injak seenaknya saat kita snorkeling, tanpa sadar disana juga ada kehidupan untuk biota laut. Kami diajak keliling oleh bapaknya di spot yang berbeda dengan travel agen sering snorkeling, lalu main ke pulau tikus (pasirnrya bagus) keliling lagi lalu balik ke pelabuhan pulau pari.

Waktu sudah sore, saat nya mencari senja (sunset), kata orang-orang yang bagus klo mau liat sunses ya di penginapan LIPI. Oia, penginapan LIPI ini ternyata lebih murah disbanding penginapan yang kami ambil😀 disini harga per orang diberikan harga 75k selama satu hari semalam (nyesek sekaligus nyesel :D). Untuk mencari sunset kita mesti masuk jalan kedalam hutan bakau yang ada di LIPI ini, daaann sampai ujung sunset yang kami cari tak terlihat karena mendung. Oia kalo dari pulau pari ini, kita bisa lihat pulau H (pulau privat) milik pak hengky, keren banget pulau nya, dibandingin pulau pari, pulau H jauh lebih terawat dengan bangunan yang gede-gede banget.

Malam harinya, bayangan kami adalah makan seafood sambil menikmati angina laut, namun bukan ikan yang kami dapat tapi hanya mie instan dan telor yang menggoda, plus pisang goreng. Karena emang harga ikan disini mahal sekali booookk..untuk harga ikan tongkol, tengiri 1 kilo nya dikenakan harga 100k. Itupun hanya untuk harga ikan nya saja, belum sama bakarnya, nasi dan minumnya. Yaudahlah yaa, kita makan indomie namanya juga trip sendiri ini.

Keesokan hari nya, pagi mencari sunrise di bukit matahari pun tak berujung seperti rencana sebelumnya. Mendung abiiss..yaudah kita ambil sepeda, kita keliling pulau dan menuju ke pasir perawan aja. Kita mau sedikit olahraga mumpung ada yang lagi main voli kita mah ikutan gabung buat keringetan dikit-dikit😀.

Oke selesai,capek semua dan akhirnya beli tiket buat balik ke muara angke. Harga tiket 40k dijual dengan harga 42k, untuk retribusi pulau kali ya. Sampai di pelabuhan kali adem kembali pukul 12.30, dan karena keinginan yang kuat akan makan seafood akhirnya kita beli seafood di pasar muara angke.

masyaAllah ikan nya banyaaaak sekali ya, beneran kaya banget negeri kita ini ya. Kita milih-milih dan pilihan jatuh untuk Cumi seberat 1 kilogram, dan ikan hiu seberat 1 kilogram. Kami bawa ke warung untuk minta dibakar ditambah dengan ikan kakap seberat 1 kilogram. Jadi total 3 kilogram kami bakar di warung dan kami santap nikmat sampai kenyang😀

ngomong-ngomong dibawah nanti ada itenary kami ke pulau pari, yang jelas jalan-jalan sendiri ngga pake travel agen itu biaya nya sedikit lebih mahal, karena memang klo travel agen pasti sudah punya kenalan di pulau untuk biaya makan, penginapan dll. Klo jalan sendiri pastilah kita mesti pinter-pinter untuk mengatur keluarnya uang. Jajan berlebih juga tidak baik, karena klo uang habis baru tau rasa nanti😀 karena di pulau pari tidak ada mesin ATM, adapun ATM paling deket di pulau tidung.

Terimakasih buat yang sudah membaca, semoga membantu buat temen-temen yang mau melakukan solo trip ke pulau-pulau di kepulauan seribu.

Itenary

Hari Pertama Sabtu 22,Oktober 2016

Pukul 05.15 – 05.30          sampai di stasiun Jakarta kota

Pukul 05.30 – 05.50          sampai di pelabuhan kali adem

Pukul 08.10 – 11.00          perjalanan menuju pelabuhan pulau pari menggunakan kapal tradisional sinar express

Pukul 11.00 – 11.30          makan siang

Pukul 19.00 – 20.30          main ke pasir perawan

Pukul 20.30 – 05.00          istirahat

Hari kedua 23 oktober 2016

Pukul 05.00 – 07.00          cari sunrise di bukit matahari dan explore pelabuhan

Pukul 07.00 – 08.00          sarapan pagi

Pukul 08.00 – 09.00          beli tiket kapal sinar express

Pukul 09.00 – 10.00          beres-beres, kembalikan sepeda, kunci kamar, beli gorengan

Pukul 10.00 – 12.30          perjalanan menuju pelabuhan kali adem muara angke

Pukul 12.30 – 16.10          explore pasar muara angke dan pesan makan di rumah makan

Pukul 16.10 – 17.00          kembali ke Jakarta kota untuk pulang ke rumah masing-masing

No

11 Air minum 1 liter 15.000
Total 398.000

1.196.000

4 thoughts on “Trip Hemat Murah ke Pulau Pari, Makan seafood (bukan khayalan) lagi

1. Pertama. Mas, postingan ini ikutin kompetisinya KITAINA. Cek di twitter/IG nya yah.

Dua. Gila ente. Hujan2 ke laut. Ogut sih ogah haha.

Tiga. Mas ayok ikutan posting kompakan #mendadakngeblog yak. Bahas tema sumpah pemuda versi blogmu. Pasti seru 😁