ternyata “cover” itu penting !!


Don’t judge book by its cover, pernah denger istilah ini kan ya ? tapi percaya nggak klo sampai sekarang masih banyak orang yang menilai orang lain dari penampilannya.

mark zuckerberg
co-founding facebook : mark zuckerberg (gambar di dapat darisini)

Oke, ceritanya pagi-pagi ini dimulai dengan topik yang lumayan berat, sebenernya sih awal ceritanya lagi ngomongin pameran rumah. Pernah kan ya dateng ke pameran rumah ? trus waktu kita jalan dicuekin sama marketing-marketing ? atau klo pun di kasih brosur nya tapi dia ga ramah sama diri kita ? nah, yang pernah digituin😀, sadar nggak kenapa ? merhatiin nggak klo ada bapak-bapak/ibu-ibu yang pakai pakaian “necis” sok tampang berduit dan sok tampang mampu, malah dilayanin ramah, senyum lebar di pipi, suara remah lembut. Nah apa ini lagi-lagi soal “COVER” ??

Aku sih menduga nya seperti itu, karena orang yang “terlihat” mampu akan dilayani maksimal oleh lingkungan, bukan berarti mereka tidak mampu ya. Nah obrolan berlanjut, pernah nggak ke mall atau toko elektronik, supermarket menggunakan pakaian ala kadarnya. Maksudnya pakaian yang sekiranya dinilai ga cocok buat berbelanja ke tempat tersebut. Lalu lagi-lagi kita dicuekin, nggak diperhatiin, ga di tawarin produk promo, dsb. Nah lagi-lagi soal tampilan kita yang tidak pas ini membuat penilaian orang lain terhadap diri kita jadi tidak pas. Padahal kan bukan berarti orang yang pake celana pendek, sandal, dan serba biasa tidak mampu untuk berbelanja kan ya ? nih contoh bapak ini (alm. Bob Sadino : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/01/19/2242509/Kenapa.Bob.Sadino.Selalu.Memakai.Celana.Pendek.)

Coba deh buat yang belum pernah mengamati kejadian-kejadian ini lakukan eksperimen kecil-kecilan. Saya pernah dengan sengaja mencoba menggunakan pakaian yang “tidak pantas” saat ke pameran rumah. Alhasil, saya hanya membawa pulang informasi rumah tidak lebih dari 10 developer. Saya coba ulangin di hari yang lain menggunakan pakaian office look (pulang kantor) dan hampir semua developer “melayani” dengan baik. Hal ini membuat saya paham, bahwa ternyata penampilan itu sangatlah penting.

“Penelitian seorang cendekiawan bernama Albert Mehrabian mengatakan bahwa ketika bertemu dengan seseorang pertama kali, maka kesan terkuat yang terekam diperoleh dari pengamatan visual atau penampilan. Karenanya, sudah barang tentu bagaimana kita berpakaian, bersikap, bertutur kata, dan membawa diri akan membantu menciptakan kesan pribadi yang positif pada orang lain.”

Tulisan ini saya kutip dari alamat http://jamilazzaini.com/penampilan-menciptakan-nilai-anda/. Silahkan menjadi bahan perenungan kita semua ya teman-teman. Karena ternyata masih banyak sekali orang di lingkungan sekitar kita, di dalam kehidupan ini yang masih menggunakan kiasan “judge book by its cover”.

Selamat memperbaiki diri

Diketik di kantor pagi ini, semoga di baca dimana saja


4 thoughts on “ternyata “cover” itu penting !!

  1. Justru itu menarik fizh. Malah lebih menyenangkan berkeliaran di luar dengan pakaian sangat biasa aja, selain lingkungan kerja dan pendidikan ya, jadi bisa tahu mana orang yang memperlakukan orang lain bukan karena penampilan atau lainnya. People who look at the others because cover is nothing, seperti mentimun bungkuk, Justru 10 developer itulah yang harus dipertimbangkan.

    1. betul dina, namun ya itu tadi
      sebenarnya yang menjadi sorotan adalah, ternyata di luar sana “image” itu penting, “penampilan” itu penting, dan ternyata yang paling menjadi penilaian orang lain yaitu cover kita. padahal kan ga semua yang terlihat itu menjadi cerminan diri seseorang. Right ?

  2. yup benar sekali. Aku setuju kalau lingkungan sosial kita masih menjunjung tinggi peng-cover-an.
    Selesai aku baca tulisan ini, pas banget di milis juga bahas tentang cover. Disana diberikan contoh Kisah nyata Alm BOB SADINO. Pernah baca kan?
    Aku suka kalimat terkahir beliau, pesannya ke anak kecil. “Nak, di dunia ini, yang penting adalah belajar untuk menghormati orang lain, siapa pun dia, entah direktur atau tukang sampah”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s