OTBA2015 #TemenBaru #PengalamanBaru #CeritaBaru


OTBA2015

Oke ini ceritanya sebenarnya mau dimulai dari postingan icha yang hampir tiap hari posting soal taman baca anak di path. Dari path nya icha, lama-kelamaan jadi tertarik tentang taman baca ini,yang bikin saya kagum sekali adalah mereka itu orang-orang yang punya banyak kegiatan tapi kenapa masih sempat ya buat ngurusin adik-adik dan taman baca nya. Kepedulian mereka tentang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak sungguh luar biasa deh, nyiapin taman baca (sejenis perpustakaan) yang isinya buku-buku bacaan yang luar biasa bagus-bagus untuk dipinjamkan secara cuma-cuma ke adik-adik yang mau pinjem. Nah, saya cari tau lebih dalam deh apa itu 1001Buku. Oia nama taman baca ini adalah 1001buku, bagus kan namanya. Pada nama ini ada banyak doa, harapan, mimpi dan cita-cita yang ingin di capai. Lebih lengkapnya baca disini ya 1001Buku.

Oke, jadi ceritanya taman baca 1001Buku ini mau ngadain acara 2 tahunan yang namanya OTBA 2015. Jadi OTBA ini adalah Olimpiade Taman Baca Anak Nasional, acara yang sebelumnya pada tahun 2013 hanya mengundang taman baca di sekitaran jabodetabek ini tahun ini mengundang taman baca di seluruh Indonesia. Ada yang dari ende, dari jogja, dari papua, banyaaaak lah. Mereka di undang ke Jakarta untuk ikut rangkaian acara yang emang udah disiapkan oleh panitia acara yang kece-kece itu dah. Kegiatannya ada workshop (terutama untuk pengelola taman baca), lalu acara yang untuk adik-adiknya itu olimpiade taman baca.

Jpeg

Di dalam acara workshop para pengelola taman baca di ajarkan bagaimana mengelola taman baca dengan baik, bagaiamana bisa berbagi ilmu dengan adik-adiknya, dan banyak lagi deh. Sedangkan untuk olimpiade nya ini, acara banyak juga. Ada lomba marathon, fashion show, dan lomba gizi. Masing-masing pos ini diisi oleh para relawan yang luar biasa semangatnya. Eh sebentar saya jelaskan saya disini bukan sebagai panitia utama, saya dan beberapa temen-temen disini menjadi relawan yang ikut serta membantu kegiatan ini. Kami andil dalam bagian untuk menjadi relawan lomba marathon. Beuh mantab sekali di pos lomba marathon ini.

Oke di pos lomba marathon ini ada beberapa lomba, pos 1. Lomba tali karet, pos 2. Tebak lagu daerah, pos 3. Peta nusantara, pos 4. Tebak pahlawan, dan pos 5. Pos cerita rakyat. Di tiap pos nanti adik-adiknya yang berjumlah 5 orang dalam satu tim akan di “tes” mengenai wawasan ke nusantaraan nya. Harapannya dari pos lomba marathon ini adik-adik bisa paham betul mengenai budaya bangsanya yang luar biasa kaya raya ini.

Jpeg

Kebetulan saya ada di dalam pos 5, yaitu pos tentang cerita rakyat yang ada di Indonesia. Hayoo ada yang tau cerita cindelaras ? waso ? ande-ande lumut ? semangka emas ? legenda batu menangis ? naaah kan.. yang sering kita denger sepertinya ande-ande lumut yaa, atau sangkuriang, atau timun emas yaa. Padahal masih banyak banget cerita rakyat di negeri ini lho. Di dalam pos ini adik-adik di uji wawasannya mengenai cerita rakyat ini semua, nah kan pas giliran dapet cerita rakyat waso, adik-adik ini kan mesti ngejelasin ke satu temennya yang udah di tunjuk di depan, dan ada-ada aja cara mereka memberi tahu temannya. Menyebutkan waso dengan kata-kata baso lah, “b” nya diganti “w” lah, trus dengan sengaja nebak ngasal nyebut aja dari daerah papua. Giliran di tanya gimana ceritanya pada nggak tahu, hahaha lucu emang adik-adik ini. Tapi bener ko, cerita rakyat WASO itu berasal dari papua, ceritanya ada seorang pemuda yang sangat hebat, bisa mengobati orang lumpuh dan sakit (lengkapnya).

Kami di pos 5 mempunyai harapan, ingin adik-adik ini bisa mengetahui cerita rakyat yang ada di Indonesia. Tidak hanya cerita dari negeri yang lain yang mereka pahami, kami ingin menanamkan kepada mereka bahwa negeri kita ini kaya cerita yang luar biasa. Selesai dari pos 5 mereka di putar ke pos yang lain untuk menaklukan tantangan yang lainnya, dan bagi yang sudah menyelesaikan semua pos ada yang bermain, naik becak-becakan, naik motor-motoran. Emang sih pas banget di museum transportasi ini banyak banget fasilitas bermain untuk adik-adik ini. Sepertinya mereka “happy” sekali😀

Jpeg

Adik-adik titip sampaikan ke teman-teman kalian di taman baca tempat kalian belajar ya, bagikan ilmu yang kalian dapat di OTBA 2015 kemarin, ceritakan semua hal yang kalian lakukan kemarin, ajak mereka untuk bergabung mencintai seluruh kekayaan negeri ini. Jangan bosan untuk membaca yaaa, kaka-kaka disini ingin kalian buka jendela dunia kalian, karena suatu saat nanti kalian yang akan menggantikan kami di negeri ini. Kita ketemu lagi di OTBA berikutnya yaa adik-adik, nanti di OTBA berikutnya kalian harus sudah melahap semua cerita rakyat yang ada di negeri ini yaaa

Diketik di Jakarta,

Cerita tentang OTBA2015

Salam buat Tim Relawan Pos Lomba Marathon yang kece abis !

DCIM100MEDIA

IMG-20150824-WA0021


4 thoughts on “OTBA2015 #TemenBaru #PengalamanBaru #CeritaBaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s