LOMBOK #Indonesia (Part2)


————part sebelumnya (part 1)

Lanjut tentang Lombok, masih kuliner nya sih yang mau aku bahas. Oke lanjut ya, selain nasi balap puyung dan plencing kangkung ada yang namanya nasi bebalung. Sebenernya ya aku ga terlalu excited sih, karena secara ga langsung nasi bebalung ini mirip banget ama sop iga atau sop kikil di jawa. Kuah nya bening, isinya ada wortel dan kacang panjang dan kentang kotak-kotak, terus tentunya potongan daging yang ada tulangnya, sepertinya sih bagian iga sapi sih. Bebalung sendiri aku rasa artinya tulang ya, karena seperti bahasa jawa sih. Di jawa timur sendiri kami menyebut tulang dengan sebutan balung. Entah kenapa ya di tempat ini serasa bahasanya ada campuran jawa, contohnya misal di jawa “inggih” itu untuk mengatakan iya, sedang disini ada kata “engge” yang artinya iya. Memang luar biasa Indonesia tercinta kita ini.

Temen perjalanan saya yang tiba-tiba menjadi food traveler dadakan waktu nyobain kemarin bilang klo kuahnya super sedap sekali, apalagi pas dia tambahkan dengan perasan jeruk nipis dan kecap. Jadi super rasanya (agak lebay memang sih dia). Saya waktu itu nyobain kopi saja di kedai ini, karena posisi perut lagi penuh. Kami makan nasi bebalung ini di kedai ayam taliwang H.Moerad di daerah cakranegara, di resto ini sebenernya ada lagi ayam taliwang yang juga enak. Ayam taliwang ini sebenernya ayam biasa aja sih, cuman ayam yang digunakan memang ayam kampong, bukan ayam negeri, jadi rasa dagingnya itu kuat ga berlemak dan nikmat. Bumbu ayam taliwang yang pedes ini penuh rempah dan seger. Klo saya tebak sih sepertinya ada jeruk limao nya, terus ada lengkuas parut, cabai dan merica. Sepertinya ada tomatnya juga sih, manteb sih. Buat yang ke Lombok mesti cobain sih menu ini.

ayam taliwang
ayam taliwang (gambar di dapat dari http://resepmasakanpedia.com)

Kebetulan lagi di daerah cakranegara, kami keliling masuk ke dalam pasar di daerah ini. Ga tau mau cari apa di dalam pasar, cuman keliling aja. Sumpah ya keliling ga pake tujuan mau beli apa, mau kemana yang penting keliling pasar dulu.

Pasar Cakranegara @athpoenya
Pasar Cakranegara @athpoenya

Di tengah pasar ada ibu-ibu yang lagi nggelar dagangannya, nyam jajanan pikir kami. Kami pesan 2 porsi, dihidangkan dengan sajian dari daun kelapa jajanan ini namanya berbuk. Makanan ini “katanya” juga salah satu masakan khas Lombok, biasanya jadi salah satu menu tambahan ketika makan ayam taliwang. Nah kamu tahu apa aja isi dari makanan ini, isinya ada jantung pohon pisang dan daun pepaya. Disajikan secara di potong-potong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu kelapa parut + gula merah + sambel pedas, di urap-urap kemudian di campur kan dengan daun pepaya dan jantung pisang tadi. Nyaam, jujur rasanya agak aneh, tapi makan jantung pohon pisang rasanya kayak makan jamur ko. Enak, ga pahit, sedikit pedes dan berair jadi seger sih. Nah buat yang lagi ke pasar cakranegara, cobain deh jajanan ini. Ibu ini berjualan di lantai 2 di ujung dekat dengan toko barang antik.

berbuk @athpoenya
berbuk @athpoenya

————sekian lanjut part 3


3 thoughts on “LOMBOK #Indonesia (Part2)

    1. Belum nemuin ane rif, cuman klo taliwang kemungkinan ada ya
      Cuman kalau sate rembige gitu sepertinya belum ada
      Nanti ane inform dah klo nemu daerah di jakarta yang jual nih menu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s