LOMBOK #Indonesia (Part1)


Balik lagi ke Lombok rasanya luar biasa sekali, saya bersyukur sekali bisa ketempat ini lagi kali ini. Kali ini saya memiliki kesempatan untuk dapat mengunjungi beberapa tempat yang belum sempat saya kunjungi sebelumnya dan tentunya wisata kuliner keliling Lombok. Di Lombok, bagi yang suka pantai saya yakin tempat ini dapat menjawab kesukaan kamu tentang pantai. Pun begitu juga dengan yang suka dengan gunung, Rinjani adalah salah satu mahakarya terbaik Tuhan berbentuk gunung yang tinggi dengen pemandangan yang sangat indah.

gugusan gunung @athpoenya
gugusan gunung @athpoenya

Oke, perjalanan saya di Lombok di awali dengan main-main ke pantai sengigi. Saya menikmati sengigi dari pantai yang ada di belakang hotel Kila. Memang sih kata orang-orang klo mau lihat sengigi yang bagus itu dari belakang hotel Sheraton, ya secara sebenernya pantai di belakang Sheraton itu namanya bukan pantai senggi lagi sih, cuman namanya pantai kerandangan. Tapi beneran dari pantai senggigi dan pantai kerandangan ini bisa melihat sunset (matahari tenggelam) bagus sekali. Sayangnya, pada saat saya kesana keadaan cuaca sedang mendung, jadi agak dramatis gimana gitu ya waktu matahari nya mau tenggelam. Langit penuh ama gumpalan awan hitam putih bullet-bulet gitu, cakep deh. Yang paling menyenangkan disini kita bisa dapat kenalan turis (bule) asing yang kebetulan memang mereka lagi liburan ke Lombok. Ada yang dari prancis, dari Canada, US, dll deh pokoknya emang Lombok ini tempat wisata yang keren.

senggigi @athpoenya
senggigi @athpoenya

Oke, di pulau mataram ini ada banyak sekali makanan khas. Ada yang namanya nasi balap puyung (kayaknya saudaraan ama tahu balap nya Surabaya yaa), lalu ada yang namanya nasi bebalung, ayam taliwang, ada sate rembige, sate bulayak, plencing kangkung, sate ikan tanjung, berbuk, dan sop buntut (nanti kita bahas satu-satu). Cuman di mataram ini saya belum menemukan minuman khas yang bener-bener seger deh, padahal daerah ini kan bisa dibilang banyak pantai nya yang sebenernya cukup panas ya.

Sesuai namanya, nasi balap puyung adalah makanan berat yang menggunakan nasi sebagai karbohidratnya. Nasi ini klo kita kenal sehari-hari mungkin lebih dekat dengan yang namanya nasi campur atau nasi rames kali ya. Tapi beda kok ama nasi campur atau rames, di dalam menu nasi balap puyung ini ada kacang kedelai gorengnya, srundeng kentang dan ayam suwir bumbu pedas manis. Oia tambahan spesial menu ini adalah sambel berwarna hitam yang luar biasa pedasnya. Yakin lah saya siapapun pasti berkeringat makan menu nasi balap puyung ini ples sambelnya. Sejarahnya adalah nasi balap puyung ini berasal dari dari daerah yang namanya puyung (klo ga salah yaa). Singkatnya seperti ini kisah tentang adanya nasi puyung awalnya hanya berupa nasi balap biasa yang dibungkus menggunakan daun pisang dan dijual berkeliling menggunakan bakul oleh seorang ibu paruh baya dari Desa Puyung, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Nusa tenggara Barat (NTB). Ibu tersebut bernama Inaq (Ibu) Esun, oleh karena itu hingga saat ini yang paling terkenal kalau lagi ke lombok adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun (lengkapnya disini)

nasi balap puyung @athpoenya
nasi balap puyung @athpoenya

Oiaa, menu nasi balap puyung ini paling manteb klo dinikmati bersama plencing kangkung. Sumpah banget deh plencing kangkung di Lombok ini luar biasa segarnya. Klo boleh kasih penilaian kangkung disini, tomatnya, sambelnya itu kerasa banget segarnya. Entah kenapa ya, mungkin karena daerah disini jauh banget dari yang namanya polusi dan air yang digunakan untuk penyiramannya adalah air yang berasal dari sumber mata air yang sangat segar sekali. Sehingga ini kerasa sekali ke rasa segar yang dihasilkan dari kangkung, tomat, dan cabai yang digunakan. Cara makan plencing kangkung ini katanya sih harus di urap (campur) terlebih dahulu. Aku ga tahu ya kenapa tapi klo aku coba rasanya memang beda, dengan dicampur rasa segar nya itu menyatu. Itu karena aku coba 2 porsi, satu aku campur, satu lagi nggak aku campur..hehee

—sekian lanjut part 2


3 thoughts on “LOMBOK #Indonesia (Part1)

    1. halo..halo
      untuk biaya disesuaikan gan, karena kan beda ya yg mau naik pesawat atau mau naik kereta lalu kapal laut. klo mau yang agak miring sih cari yang lagi promo saja pesawat, kemungkinan uang sejuta bisa ko buat PP klo ada yang lagi promo, setau ane berangkat dari bandung – lombok ada maskapai yang berani kasih harga miring🙂
      kalau pas di lomboknya, saran ane sih sewa motor harian aja, mungkin per hari 50-90 rbu. klo mobil per hari bisa kena 300 – 400 ribu
      klo mau backpakeran, tentunya peralatan sehari-hari, kamera, baju renang. untuk alat snorkeling kadang disana udah ada tempat persewaan, cuman beberapa lokasi masih belum ada persewaan setau ane.
      happy holiday gan😀

Leave a Reply

