selamat pagi, lagi ngapain ?


Pagi @athpoenya
Pagi @athpoenya

early bird get worm ada pepatah bahasa inggris yang pernah kita dengar. Burung yang terbang di pagi hari akan memdapatkan cacing lebih dahulu. Entah ini makna kiasan atau memang sebuah kenyataan, nyatanya siapapun yang dapat memanfaatkan pagi hari nya dengan baik sedikit banyak akan mempengaruhi bagaimana mood, dan gerak dari orang tersebut.

Ngomongin pagi hari berarti kita akan ngomongin ayam berkokok, ramai riuh nya pasar, aktivitas ibadah subuh, dan banyak hal lainya. Tapi ternyata tak sedikit lho orang-orang yang masih terlelap di waktu paginya. Iya memang kita harus mencoba berpikir positof, mungkin mereka kelelahan setelah malam hari nya kelelahan selepas kerja.

Pagi ini saya berkesempatan untuk menikmati pagi ini, saya lakukan dengan berolahraga, bersih-bersih ruangan, menikmati secangkir kopi di halaman teras kos, dan sempat membuat tulisan ini. Kalau teman-teman semua di pagi hari nya ngapain aja? Pasti yang dikerjakan jauh lebih banyak dan bermanfaatkan kan ?

Ternyata banyak lho orang sukses dunia yang membiasakan dirinya bangun pagi. Membuat agenda harian, berdoa dan beribadah, berolahraga, memvisualisasikan diri mereka masing-masing, dan mulai mengerjakan pekerjaan adalah kebiasaan yang mereka lakukan. Seperti presiden amerika barrack obama misalnya, denger punya denger bapak satu ini mau jam berapapun tidur di waktu malamnya pagi harinya selalu bangun untuk berolahraga atau seperti warren buffet salah satu orang terkaya dunia yang membiasakan dirinya membaca berita nasional sebelum memulia aktivitas nya. Apapun itu pagi hari mereka diisi dengam kegiatan yang sangat bermanfaat. Hemm seharusnya tayangan-tayangan gosip dan berita-berita yang tidak baik juga jangan disiarkan di pagi hari ya…

“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu kontinu. Lakukanlah ibadah (secara kontinu) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari no. 39. Lihat penjelasan hadits ini di Fathul Bari). Islam sebenarnya telah mengajarkan hal-hal yang baik melalui Rasulullah Muhammad SAW tentang apapun, termasuk bagaimana kita harusnya melakulan waktu pagi dengan sebaik-baiknya.

Para ilmuwan dari universitas toronto menerbitkan sebuah jurnal yang membahas keterkaitan antara emosi,usia dan waktu bangun pagi. Dalam penelitian di sebutkan bahwa seseorang yang bangun pagi memiliki kecenderungan untuk lebih bahagia dari seseorang yang aktif di malam hari.

Yok mari manfaatkan waktu pagi kita dengam lebih bermanfaat. Hal ini juga menjadi pengingat bagi diri saya pribadi. Bahwa begitu banyak kesempatan di waktu pagi yang dapat kita gunakan. Kita bisa membuat agenda harian, bisa menikmati secangkir kopi atau teh atau susu, atau sekedar menyapa putri tetangga yang cantiknya aduhai..heehee. Iya apapun itu mulai saat ini kita harus coba untuk memanfaatkan waktu pagi hari yang kita punya ya.

Pagi mu hari ini diisi dengan kegiatan apa ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s