beli action camera beneran untuk action ??


Oke, sekarang saat nya membahas kamera action yang baru saja melekat di tangan saya. Namanya Xiaomi yi. Familiar bukan ? yak, nama xiaomi memang familiar di telinga masyarakat Indonesia karena pasalnya merk dagang ini sangat popular dengan handphone canggihnya yang memiliki spek tinggi. Oke, kembali lagi membahas xiaomi yi. Saya membeli barang ini secara terpisah, artinya saya tidak membeli paketan yang sudah di sediakan oleh xiaomi yi, yang dibundling dengan nama xiaomi yi travel edition.

kotak xiaomi yi @athpoenya
kotak xiaomi yi @athpoenya

kotak xiaomi yi @athpoenya
kotak xiaomi yi @athpoenya
kotak xiaomi yi @athpoenya
kotak xiaomi yi @athpoenya

Hal ini bisa menjadi pertimbangan buat teman-teman jika memiliki dana yang terbatas dan ingin membeli kamera action. Selain kamera action dengan merk Go Pro yang sudah kita kenal dengan harga yang fantastis, xiaomi yi di label dengan harga yang jauh lebih murah. Sebenenrya di pasaran masih ada beberapa merk yang diperjual belikan. Ada merk Brica BPro, Spectra, SJCam, dan salah salah satunya xiaomi yi. Merk-merk tersebut adalah merk saingan untuk action cam yang sangat mahal sekelas Go Pro, SOny, BlackVue.

Oia, alasan saya memilih xiaomi yi disbanding merk lain adalah karena kualitas gambar yang dihadirkan oleh xiaomi menurut saya memenuhi kebutuhan saya. Kemampuan lensa kamera sebesar 16MP benar-benar real, dan bukan merupakan mirror untuk pixel yang lebih kecil. Maksudnya adalah gambar yang dihasilkan oleh xiaomi yi lebih nyata jika dibandingkan dengan kamera action lain. Saya bisa mengatakan demikian karena sebelum membeli kamera dengan merk ini, saya lakukan pengamatan terhadap merk lain, baca-baca forum yang membahas kamera action merk ini, merk itu, review banyak orang mengenai perbandingan xiaomi yi dengan kamera action yang lain bahkan dengan Go Pro, bahkan saya telah melihat hasil langsung dari hasil xiaomi yi. Jadi saya putuskan mengambil xiaomi yi. Lagi-lagi ini sebenernya berdasarkan subyektif pribadi, dan disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Jika ada teman-teman yang merasa merk lain lebih baik, silahkan karena saya yakin itu sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

kotak xiaomi yi @athpoenya
kotak xiaomi yi @athpoenya

Kesan pertama saya menggunakan xiaomi yi adalah kamera ini sangat ringan. Bahkan bisa-bisa seperti mainan, dengan warna putih dove (tidak mengkilat) menjadikan mainan ini eehh kamera ini terlihat elegan. Kebetulan yang saya dapat warna putih. Xiaomi saat ini masih merilis 2 warna, yaitu putih dan warna hijau-biru. Saya lihat kekurangan kamera action ini terletak di bagian penutup baterainya, untuk pertama kali penggunaan sangat sulit untuk dibuka.

bagian belakang xiaomi yi @athpoenya
bagian belakang xiaomi yi @athpoenya
bagian belakang xiaomi yi @athpoenya
bagian belakang xiaomi yi @athpoenya
bagian belakang xiaomi yi @athpoenya
bagian belakang xiaomi yi @athpoenya
baterai xiaomi yi @athpoenya
baterai xiaomi yi @athpoenya

Baiklah kita review sedikit mengapa saya membeli kamera ini secara terpisah. Setelah saya hitung-hitung pembelian kamera dengan terpisah seperti ini lebih murah dan menguntungkan. Jika di toko online ada yang menawarkan paket bundling xiaomi travel dengan harga 1.500.000,- dengan kelengkapan (kamera, baterai, kabel usb, dan tongsis xiaomi), ada lagi di toko online lain menawarkan tambahan dengan harga 1.770.000,- dengan kelengkapan (kamera, baterai, kabel usb, tongsis merk atanta, memory 16Gb merk sandisk, waterproof), saya dengan pembelian terpisah dengan harga 1.651.000,- sudah mendapatkan (kamera xiomi, kabel usb, baterai, tonsis merk atanta, memory 16Gb merk sandisk, dan frame hard case, dan waterproof). Lumayan kan harga lebih murah dan saya sudah mendapatkan frame hard case untuk xiaomi saya.

xiaomi yi sedang di cas @athpoenya
xiaomi yi sedang di cas @athpoenya
bagian bawah xiaomi yi @athpoenya
bagian bawah xiaomi yi @athpoenya
bagian depan @athpoenya
bagian depan @athpoenya

Buat teman-teman yang ingin membeli xiaomi silahkan dipertimbangkan apakah pembelian paket bundling xiaomi menguntungkan atau tidak. Eittss, tapi jangan salah ya, banyak yang sudah cerita dan menggunakan tongsis yang di dapat dari bundling xiaomi sangat bagus dan berbeda dengan tongsis yang ada di pasaran. Untuk beberapa kelengkapan yang sekiranya teman-teman butuhkan untuk awal-awal mungkin menurut saya :

  1. Waterproof (buat yang suka nyelem, main air dan snorkeling)
  2. Memory SD Card (sebisa mungkin yang kelas 10 ya)
  3. Baterai cadangan + charger
  4. Case silicon bisa atau frame untuk lensa kamera (bisa cari filter kamera yang ada tutup nya saja)
  5. Tongsis (tongkat sist ehhh tongkat narsis)
  6. Garskin (sesuai kebutuhan saja bagi yang mau)
  7. Untuk yang lain-lain bisa diambil sesuai kebutuhan saja

Oia pada penggunaan awal, di lensa akan ada plastik bening yang menutupi lensa sebagai pengaman, jika tidak dibuka maka hasil gambar yang ada akan terlihat bersinar-sinar dan tidak fokus. Jadi lebih baik kalau di copot saja biar hasil gambar yang dihasilkan sangat jernih. Adalagi kekurangan kamera ini jika dibandingkan dengan Go Pro yaitu tidak adanya layar display yang membantu saat pengambilan gambar, tapi xiaomi telah menyediakan aplikasi yang bisa temen-temen download, untuk Aplikasi Android Yi Action Cam dapat didownload di google play. Sedangkan untuk iOS, dapat mendownload LinkinEyes / 360ants di AppStore (sepertinya english version nya belum tersedia). Nah dengan adanya aplikasi ini temen-temen bisa terbantu saat mengambil gambar, jarak wifi yang disediakan oleh kamera ini sejauh 100 meter (baca disini).

Hasil gambar dari kamera ini adalah seperti ini :

hasil gambar @athpoenya
hasil gambar @athpoenya

 Baik teman-teman sedikit review mengenai kamera action merk xiaomi yi, semoga sedikit catatan saya ini memberikan masukan buat teman-teman yang ingin mengambil kamera action. Lebih baik di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan disesuaikan sesuai budget.

untuk forum selama ini saya ikutin disini –>  forum kaskus

See you

-ath


Leave a Reply

