mulai ikutan riuhnya demam batu


mungkin tulisan saya kali ini memang betul-betul telat, karena tren batu akik,batu mulia sudah sangat booming di Indonesia. Memang sih, memang secara de facto negeri kita ini memang punya banyak sekali ragam batu alam yang sangat cantik (baca ini). Hmm ngomong soal cantik sebuah batu itu tergantung masing-masing orang. Ada yang melihat batu-batuan ini luar biasa cantiknya, sampe ada yang bilang “ini nih coba deh liat, cantik banget kan serat nya.. (baca ini)”, “coba nih klo senter dari bawah nih keliatan (baca ini)”. Bahkan ada yang bilang batu ini hidup lagi “niih liat batu bacan ini hidup loh (baca ini)”, “batu ini bisa gerak-gerak sendiri (baca ini)”, “niihh yang ini bisa nempel ama magnet (baca ini)”. Bahkan yang sempet heboh “niih batu ye,bisa nge geser layar hape loh,berarti nih batu asli (baca ini)”.

Awalnya saya sempat heran dan menganggap kalau-kalau apa yang di bicarakan itu bohongan, tahayul, mistik, ga mungkin. Tapi ternyata semakin kesini saya semakin ngeh bahwa tiap batu memiliki kandungan mineral yang berbeda-beda (baca ini). Karena kandungan ini memungkinkan untuk memberikan “ke khas an” untuk masing-masing batu itu. Memang Indonesia sendiri memiliki batuan yang juga bagus(baca ini), tentunya tidak hanya batu bacan.

Entah karena demam batu yang sangat tinggi atau memang ketertarikan saya kepada benda ini mulai ikutan naik, serasa alam semesta mendukung..haha waktu pulang ke rumah ada bongkahan yang lumayan gede banget. Saya penasaran saya potong, dan ternyata cukup bagus. Batu ini adalah batu lavender, jenis dari batu ini yang mahal adalah batu lavender baturaja berwarna ungu dengan serat batu cangkang kura-kura. Sayangnya yang saya punya hanya lavender berwanarna putih yang biasa, dan ada satu batu lagi yaitu batu pancawarna edong. Pancawarna edong yang saya punya ini masuknya ke dalam jenis batu akik, memiliki warna merah dan transparan putih kuning membuat batu ini unik. Nah kan mulai sok-sok an jadi ahli batu..

Kita sebagai orang Indonesia harusnya bangga dengan adanya demam batu ini. Dengan tren ini, dapat mengangkat khazanah alam Indonesia yang ciamik. Tak hanya bacan yang memang bagus, masih ada lavender, zamrud, indocrase, solar aceh, dll. Ini bisa jadi aset Indonesia dalam bidang budaya, mengenalkan negeri ini tidak hanya dari alam yang indah saja, namun keragaman batu yang dimiliki negeri cukup “tampan” untuk menjadi isi dari etalase budaya nusantara.

Koleksi Pribadi @athpoenya
Koleksi Pribadi @athpoenya
Koleksi Pribadi @athpoenya
Koleksi Pribadi @athpoenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s