desert nya es batu, krauk..krauk..hidangan lengkap sambal setan cirebon


Sambel Setan Cirebon photo by @athpoenya
Sambel Setan Cirebon – photo by @athpoenya

“denger namanya saja sudah terbayang gimana rasanya”, itu yang saya katakan ke teman saya waktu mereka mengajak makan mencicipin makanan khas Cirebon (masakan pantura) di daerah bendungan hilir atau lebih dekatnya dengan daerah pejompongan, Penyetan Super Pedas. Luar biasa memang cara promosi mouth to mouth tentang warung makan ini, rumah makan ini dikenalkan sebagai rumah makanpenyetan dengan sambal terpedas di jakarta. Yaa paling tidak jika saya kasih level, tingkat kepedasan sambal disini itu bisa level 8 mendekati 9, luar biasa memang.

Bisa jadi satu kilogram cabe rawit warna merah yang unyu-unyu itu yang digunakan sebagai bahan sambal nya, segar memang tapi jangankan di makan, di cocol saja sudah bisa bikin mulut kita terpongah-pongah. Untuk pilihan menu lauknya beragam, dari harga yang murah (5ribuan) sampai harga langit (50ribuan). Menu khas penyetan seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, gurame goreng, bawal goreng, sampai kubis goreng juga ada. Pokoknya semua di goreng deh, menu bakaran saya tidak lihat ada di pilihan menu.

Jangan khawatir disini minuman beragam, mau yang dingin atau hangat bahkan panas tersedia. Warung makan ini buka sampai malam, tapi sepertinya jam 11 keatas semua menu habis deh, saya kesana pas jam makan malam saja luar biasa ramai nya, harus menunggu antrian untuk bisa dapat kursi buat makan. Overall, menu disini nikmat terutama sambal uleg nya, liar biasa eh luar biasa..seger abis mantab..tapi menurut saya masih ada yang kurang sih ya, minyak goreng yang digunakan belum terlalu oke ya mungkin karena banyak sekali ya yang harus digoreng selama semalem, saya yakin sih tiap malem minyak goreng itu diganti dengan yang baru.

Btw, banyak juga loh mudi mudi jakarta yang doyan makan disini, padahal menu ini bagi lidah saya orang jawa timur itu terasa pedas banget, tapi ga sedikit ciwik-ciwik jakarta yang sangat menikmati sekali hidangan ini. Oia satu lagi jangan lupa untuk memesan ikan asin goreng yah, di makan pakai nasi panas dan sambalnya luar biasa pas nya. Dan pulang dari tempat ini mulut kami (saya, alipi, aulia dan fuad) terpongah berwarna merah merona dicampur keringat.

Jadi kapan kamu mau aku ajakin kesini ?😀


Leave a Reply

