Mozaik Foto,salah satu cara ungkapkan terimakasih


Akhir-akhir ini saya tertarik untuk belajar dalam mengkreasikan suatu karya foto menjadi suatu bentuk yang menurut saya indah namun abstrak. Saya belajar dari teman saya di kantor, namanya Ibnu Deli (sang master) dan Arif Rahman Syafin (master), dapat saya katakan mereka adalah master di kantor saya tentang ilmu pembuatan foto ini. Oia, sebelumnya karya foto ini namanya mozaik foto, apa ada yang pernah mendengarnya ?

Mozaik foto ini adalah kumpulan foto yang digabungin menjadi satu foto yang membentuk foto dalam ukuran besar. Nah loh bingung nggak ? jadi begini, mozaik foto itu adalah suatu karya seni olahan dari foto yang berukuran kecil yang disusun sedemikian bentuk sehingga menjadi bentuk foto yang lebih besar yang menjadi inti utama foto tersebut.

Oia sebelum lebih jauh membahas mengenai mozaik foto dalam bahasan saya sendiri, dijelaskan nih di website à http://sains.me/1283/sejarah-mozaik.html/ tentang apa itu mozaik. Mozaik menurut website tersebut adalah sebuah gambar yang terbentuk dari kepingan-kepingan kecil yang disusun dalam mengkombinasikan bentuk dan warna. Dan informasi yang di dapat di dalam website tersebut bahwa karya mozaik ini telah ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu, luar biasa kan ya ? untuk mengetahui lebih dalam silahkan dibaca di dalam website tersebut yah.

Kembali ke mozaik foto, karena ketertarikan saya untuk ingin tahu dan belajar seperti apa itu pembuatan mozaik foto, saya tanyakan ke “master” yang ada dikantor saya, mulai dari cara pembuatan, alat-alat pendukung, hingga cara kombinasi foto dan pengolahan gambar yang dilakukan.

Untuk pengolahan gambarnya sendiri saya menggunakan tools aplikasi adobe photoshop CS 2, karena aplikasi di atas itu belum mendukung kemampuan laptop saya..hehe.. sedangkan untuk membantu bagaimana penyusunan acak foto nya, ada banyak kok aplikasi yang bisa digunakan. Silahkan di cari sendiri yah, aplikasi yang sudah saya coba adalah Andrea Mosaic, cukup mudah menggunakan aplikasi ini. Sudah banyak yang membahas mengenai penggunaan aplikasi tersebut.

Setelah itu saya lakukan penyesuaian gambar yang akan menjadi pendukung atau kata lainnya adalah gambar yang menyusun Big Picture nya. Gambar-gambar ini saya sesuaikan dan memiliki ukuran yang sama, dan dilakukan adjustment sesuai kebutuhan gambar, yah bisa di hitung saja apabila gambar yang akan digunakan cukup besar, maka pasti foto ukuran kecil yang dibutuhkan paling tidak butuh lebih banyak. Ini mendukung kebutuhan foto besarnya dan memenuhi kebutuhan penyesuain warna yang ada pada foto yang menjadi Big Picture nya. Setelah penyesuain dilakukan, nah saat nya menggunakan aplikasi Andrea Mosaic yang tadi saya sebutkan di atas, penggunaannya silahkan di cari sendiri yah..hehee *karena sudah banyak yang membahas

Jika foto ukuran kecil dan foto yang ukuran besar telah di sesuaikan maka foto-foto kecil itu disusun dan disesuaikan kedalam foto yang berukuran lebih besar. Setelah jadi, langkah terakhir dapat dilakukan permainan photoshop, seperti mengatur brightness, mengatur pewarnaan, dan lainnya. Hal ini disesuaikan saja sesuai kebutuhan masing-masing yah.

Foto mozaik ini bisa jadi buah tangan yang keren loh, bisa jadi kado, ataupun kenang-kenangan untuk orang yang kita sayangi, atau untuk rekan kerja, bos atau siapapun yang ingin kita berikan sebagai kado yang menarik. Kalau master yang menjadi guru saya hanya butuh waktu 2 minggu mengerjakan satu foto dengan ukuran 1 X 1 meter, sedangkan untuk saya sendiri ukuran foto 30 x 40 cm saya butuh waktu pengerjaan hampir 2 bulan, hehee

Saya membuatkan sebuah kado seseorang yang selalu dapat menginspirasi saya, seseorang yang menjadi bagian hidup saya, orang yang saya sayangi. Foto yang saya gunakan adalah foto dimana kami bertemu pertama kali di Jakarta. Saat itu saya sedang ada kegiatan study tour ke Jakarta, dan kami curi-curi waktu untuk bertemu di masjid At-Tin TMII. Foto ini satu-satunya foto berdua yang kami ambil pada saat itu. Foto ini menjadi Big Picture yang saya gunakan sebagai foto utama, dan diisi oleh foto-foto ukuran kecil yang sengaja saya pilih dengan foto-foto kami berdua selama kami bertemu. Jadilah mozaik foto itu seperti ini,

 mozaik foto


Leave a Reply

