ketika Tuhan menjadikannya jawaban dari doa mu


Malam ini entah kenapa tiba-tiba ingin menulis,  topiknya masih tentang CINTA. Lima kata ini sangat sederhana tapi ternyata dari lima kata ini banyak hal di dunia ini yang tercipta karenanya. LOVE, kata orang adalah masalah perasaan kita terhadap lawan jenis, perasan yang kita miliki karena ingin menjaga nya, mencari kesempatan untuk selalu bersama dengan nya, bahkan perasaan untuk  takut jika ditinggalkannya.

Saya jadi teringat kisah Ibrahim dengan Siti Hajar, kita semua tahu kisah ini. Ibrahim adalah bapak dari seluruh umat manusia, kisahnya dengan siti hajar sangat menginspirasi siapa saja. Suatu ketika saat Ibrahim dengan siti hajar dikaruniai seorang putra bernama ismail, apakah Ibrahim senang sekali ? apakah siti hajar senang sekali ? pasti mereka senang sekali dikaruniai oleh Allah SWT seorang putra yang menjadi tempat untuk berlabuh, seorang putra yang dapat diajak bermain bersama. Tapi ingatkah kita sewaktu Ibrahim membawa siti hajar dan Ismail ke tengah padang pasir di antara safa dan marwah ? apakah di tempat itu Ibrahim mengajak bermain ismail dan bermesraan dengan siti hajar ? yang kita tahu bahkan Ibrahim meninggalkan mereka di tempat itu. Hingga siti hajar bertanya kepada Ibrahim, mengapa kau tinggalkan kami disini, dan Ibrahim tidak menjawab pertanyaan siti hajar. Berulang kali siti hajar bertanya, namun Ibrahim masih saja terdiam dan tetap berjalan meninggalkan siti hajar dan ismail di tengah gurun itu. Apakah Ibrahim tidak mencintai ismail dan siti hajar ? tidak mungkin, Ibrahim sangat mencintai mereka, lalu mengapa dia tinggalkan mereka disana. Hingga siti hajar bertanya kepada Ibrahim, apakah ini perintah Allah ? Ibrahim menjawab “benar ini perintah Allah”, dan siti hajar menjawab, “jika memang ini perintah Allah, tidak mungkin Allah akan mensia2kan kami di tempat ini”.

Sekelumit cerita ini dapat menjadi pembelajaran untuk kita, bahwa CINTA, bukan berarti untuk selalu bersama setiap waktu, bukan berarti harus mendengar suaranya setiap saat, atau bahkan mencari-cari alasan untuk bisa bertemu dengannya. Darisini kita seharusnya tahu, bahwa CINTA adalah soal mengikhlaskan, merelakan, dan selalu memperbaiki diri. Bagi saya CINTA itu adalah itu proses, proses dimana kita belajar untuk terus memperbaiki diri, bukan hanya untuk diri kita sendiri melainkan juga untuk pasangan kita, dan CINTA itu adalah proses menghargai, menghargai kehadiran dan waktu yang dimilki bersama dan CINTA itu adalah proses untuk bertahan, bertahan untuk selalu mensupport dan bertahan pada pilihan yang kita ambil.

Saya pernah mendapat pesan dalam bentuk gambar yang dikirimkan oleh teman saya, isi pesannya seperti ini “ Tidak ada yang salah Allah membuat kita menunggu, mungkin memberi waktu untuk kita memperbaiki diri menjadi lebih baik. Pada saatnya nanti kita mungkin akan bertemu dengan orang yang sama, nemun lebih siap untuk saling menerima atau bertemu dengan orang lain yang lebih baik dari yang sebelumnya. Tidak ada yang salah karena Allah yang mengatur semuanya”.

Kita harus tahu, bahwa CINTA bukan hanya sekedar perasaan dua hati. Namun lebih dari itu, CINTA adalah bentuk keterikatan antara dua hati dan Tuhan. Karena Tuhan tak pernah salah dalam menghadirkan skenario untuk hambanya, seandainya waktu itu Ibrahim tak meninggalkan siti hajar dan Ismail di padang antara safa dan marwah, dan memilih untuk bersama mereka dan tidak melaksanakan perintah Allah, mungkin saat ini tidak akan pernah ada kota makkah. Selalu ada alasan dan jawaban yang indah dari Allah SWT dari kejadian yang terjadi pada diri kita. Tugas kita sekarang, adalah selalu berpikir positif dan terus memperbaiki diri. Karena terkadang untaian doa kita, menjadi tangga yang indah menuju Allah SWT, dan kesabaran kita menjadi alasan yang baik bagi Allah SWT untuk menghadirkan seseorang yang lebih baik ataupun seseorang yang sama namun lebih baik dari sebelumnya.


3 thoughts on “ketika Tuhan menjadikannya jawaban dari doa mu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s