jika waktu itu terulang ?


…Ada orang yang menghabiskan waktunya berziarah ke Mekah
Ada orang yang menghabiskan waktunya berjudi di Miraza
Tapi aku ingin habiskan waktuku di sisimu, sayangku.
Bicara tentang anjing-anjing kita yang nakal dan lucu….

Entah disadari atau tidak jika kita kurang tepat dalam memanfaatkan waktu akan banyak sekali dampak yang akan ditimbulkan. secara tidak langsung akan timbul hal-hal yang pastinya tidak mengenakan bagi orang lain yang mana merupakan buah dari apa yang telah kita lakukan,salah satu diantaranya adalah waktu milik orang lain juga akan berkurang, right ?šŸ™‚

aniwei, kita semua memiliki ‘jatah’ waktu yang sama yang diberikan Allah SWT ke kita, ya 24 jam lamannya. Pastinya sama semua kan jatah waktunya. Sering kita dengar juga, yang membedakan antar kita adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan waktu 24 jam dalam sehari ini.

Dalam 24 jam :

ada pribadi yang dapat mengurus negara, dapat menjadi pemenang, dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, dan banyak hal.

dan juga

Dalam 24 jam :

ada pribadi yang masih kesulitan melakukan banyak hal, yang masih belum dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, yang belum berkesempatan menjadi pemenang, dan ada pribadi yang lalai dalam mengurus negarašŸ™‚

intinya, jatah waktu dari Tuhan ini sama, dan banyak ataupun sedikit waktu yang kita gunakan itu kembali bagaimana diri kita dapat memanfaatkannya. Dan tentunnya, dalam sehari akan berbeda-beda pencapaian tiap orang dan akan berbeda-beda tiap orang dalam memanfaatkan waktunya yang ada.

menurut saya, ketika kita lalai memanfaatkan waktu yang kita punya pasti orang lain akan ikut merasakan dampak dari perbuatan kita,Ā  baik itu +/-Ā  pasti akan berdampak dan menjadi bahan ‘bicara’an orang lainšŸ™‚

untuk anda yang muslim, anda pasti pernah mendengar mengenai hal ini :

“Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka”

http://myquran.com/forum/showthread.php/9743-Status-Hadits-quot-Hari-ini-lebih-baik-dari-hari-kemarin-adalah-beruntung-quot-..

berkaca dengan hadist Rasullullah Muhammad SAW, alangkah indahnya apabila kita dapat setiap hari menjadi orang yang lebih baik. Bahkan setiap hari berusaha untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Kata Rasul, itulah orang-orang yang beruntung.

seandainya /hari /kepala manusia selalu berpikir bahwa menghargai waktu adalah salah satu upaya mencegah kebodohan dan kebobrokan bangsa, saya yakin bangsa ini sedikit demi sedikit akan mengalami kemajuan. Sedikit demi sedikit perubahan besar bangsa ini akan mulai tertata, jikalau kita mau mendisiplinkan diri kita terhadap waktu yang kita miliki.

kita semua tahu bahwa jepang adalah negara yang dibangun dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Hal ini tak ayal membuat jepang menjadi negara yang maju seiring perkembangan zaman. menjadikan jepang menjadi negara yang sangat menghargai waktu dan sangat menghargai asas kedisiplinan.

saya ingin negeri ini suatu saat paling tidak, dapat meniru kedisiplinan negara jepang. meniru bukan berarti menjadikannya TUHAN. tapi meniru sebuah contoh yang baik menurut saya hal tersebut tidak ada salahnya. menerapkannya di negara kita, tempat dimana kita dilahirkan dan suatu saat pasti di kebumikan di tanah ini, seperti yang ditulis oleh ismail marzuki di dalam INDONESIA PUSAKA

DiĀ sanaĀ tempatĀ lahirĀ beta
DibuaiĀ dibesarkanĀ bunda
TempatĀ berlindungĀ diĀ hariĀ tua
TempatĀ akhirĀ menutupĀ mata

Dan jika engkau bertanya, bagaimanakah tentang Waktu?ā€¦.
Kau ingin mengukur waktu yang tanpa ukuran dan tak terukur.

Ā Ā Ā  Engkau akan menyesuaikan tingkah lakumu dan bahkan mengarahkan perjalanan jiwamu menurut jam dan musim.
Ā Ā Ā  Suatu ketika kau ingin membuat sebatang sungai, diatas bantarannya kau akan duduk dan menyaksikan alirannya.

Namun keabadian di dalam dirimu adalah kesadaran akan kehidupan nan abadi,
Dan mengetahui bahwa kemarin hanyalah kenangan hari ini dan esok hari adalah harapan.

Dan bahwa yang bernyanyi dan merenung dari dalam jiwa, senantiasa menghuni ruang semesta yang menaburkan bintang di angkasa.

Ā Ā Ā  Setiap di antara kalian yang tidak merasa bahwa daya mencintainya tiada batasnya?
Ā Ā Ā  Dan siapa pula yang tidak merasa bahwa cinta sejati, walau tiada batas, tercakup di dalam inti dirinya, dan tiada bergerak dari pikiran cinta ke pikiran cinta, pun bukan dari tindakan kasih ke tindakan kasih yang lain?

Dan bukanlah sang waktu sebagaimana cinta, tiada terbagi dan tiada kenal ruang?Tapi jika di dalam pikiranmu haru mengukur waktu ke dalam musim, biarkanlah tiap musim merangkum semua musim yang lain,Dan biarkanlah hari ini memeluk masa silam dengan kenangan dan masa depan dengan kerinduan.

-Kahlil Gibran-

begitu kata kahlil gibran didalam balutan puisinya, seolah ia ingin berkata bahwa waktu tak pernah dapat kembali lagi seperti apa yang pernah kita dapatkan sebelumnya. kawan, tulisan ini hanya saya maksudkan agar kita dapat saling mengingatkan dalam menggunakan waktu kita, saya toh juga masih sering tidak dapat menggunakan waktu saya dengan sangat baik. tetapi tidak ada salahnya kan jika kita berusaha semaksimal mungkin dengan apa yang bisa kita lakukan. bukankah yangĀ  hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntungšŸ™‚

jika waktu itu terulang, dan ada kesempatan kedua buat kamu apa yang akan kamu lakukan dengan waktu itu ?šŸ™‚

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s