cerita KP ditempat lain #millati.amalia part-1


 Teman-teman sebelum saya cerita banyak,, saya mau bilang kalo saya KP nya di salah satu perusahaan besar dan ternama di Indonesia,, PT.PERTAMINA….

Aslinya saya sama widya di INKA,, tp krn ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan di Surabaya, saya dengan sangat terpaksa minta ijin untuk ttp stay d sby dan gabung sama Arina Maya,, thanx Widya dan mas tolah toleh selaku pembimbing saya di INKA.. Sudah membantu banyak,,,:)

 Ini cerita saya.. semoga bisa jadi gambaran buat yang mau KP.. hehehe
Hari Pertama Kerja Praktek.. Semangat banget, jam 6.15 uda berangkat dari kos menuju Jagir, padahal kan dket, semenjak ada jalan MERR baru.. Untuk penampilan, mulai dari atas smpe kaki uda detail banget diperhatikan. Saya sampe bela-belain belanja khusus agar penampilan bisa semaksimal mungkin.  hhehehe..biasa lah,, cewek.. Nah sampe disana, langsung naek lift ke Lantai 3, disana ada divisi HR. Beberapa hari sebelumnya, Bu vivi selaku org HR yang memberitahukan kami bahwa hari pertama harus dateng pagi-pagi dan berkumpul di ruangan HR, karena akan ada breefing. Sampai di lantai 3, buseett rame banget. Semua pada pake jas almamater. Warna-warni pula, saya kira yang warna-warni itu cm jaket himpunan, eh jas almamater juga warna warni, merah, orange, hijau, biru muda, biru dongker, biru laut, hahaha,, Oiya lupa, qt emang di wajibkan memakai jas almamater, karena itulah sebagai identittas kita disana, tp tetap dalemnya harus berpakaian rapi seperti layaknya karyawan lainnya. Di saat yang sama juga banyak karyawan pertamina yang sepertinya baru di angkat dan akan breefing. Wah rame banget pokonya, ruangan segede itu smpe gak muat,, sampe para OB inisiatif nambahin kursi dari aula,, wee,, baiknya,, tiba2 dari lift keluar deh 2 orang yang sepertinya aku kenal. Eh ternyata mas dhanika dan mas husni. Sambil bercanda aq nanya, wah kerja disini ya mas ?? dengan senyum mereka jawab, doain aja ya dek, hari ini kita mau interview terakhir dengan direksi,, waaaw..sambil nunggu breefing dimulai, kita cerita banyak sama senior2 qt tentang proses reqruitmen disini yang ternyata sangat sulit, ketat dan standarnya ngikutin Amerika,, Woow,,luar biasa…
Tidak beberapa lama, ruang pertemuan dibuka, qt masuk dan duduk, Bu vivi masuk dan menjelaskan mengenai administrasi smpe disuruh mengisi buku tamu. Tiba-tiba dari arah kanan masuk seorang bapak kira-kira dengan usia 50an. Bapak Pujiono namanya, beliau adalah kepala divisi pelatihan gt,, kalo dlu istilahnya Diklat. Awal berpidato, beliau pertama menyambut kita dengan hangat. Dan arahan dan bimbingan saat itu dimulai dengan menjelaskan mengenai pertamina. Waw, betapa saya bisa membayangkan betapa hebatnya perusahaan ini. Kebetulan, pertamina tempat saya melakukan kerja praktek adalah unit pemasaran yang menangani wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa tenggara, disinilah pusatnya, kebayang kan? Betapa rumitnya sang bapak menjelaskannya. Nanti akan saya share mengenai profil perusahaan ini. Yang jelas, saya belum pernah membayangkan bisa kerja praktek di perusahaan sehebat ini. Bukan hanya namanya, gedung, fasilitas dan karyawan nya sangat jauh berbeda dengan perusahaan tempat Ayah saya bekerja yg juga BUMN –“ . Singkat cerita, di penghujung bapaknya tidak lupa menyampaikan bahwa saat kita magang, kita bukan hanya memindahkan bangku kuliah kesini, tapi adalah mencoba seolah-olah kita telah bekerja disini. So, kita juga dapet pelayanan yang sama dan fasilitas yang sama. Seperti salah satunya fasilitas olahraga, penggunaan mesin fotocopy, akun wifi, dll.
Setelah breefing selesai. Kita dipersilahkan menuju divisi masing-masing. Kita menuju ke divisi IT di lantai 3. Eh lupa, untuk divisi IT, ada 4 tim. 3 dari ITS ( 2 pasang dr SI dan 1 pasang dari TC ) serta 1 tim lainnya adalah dari T.Informatika UMM… Masuk ruangan IT, kita dipersilahkan masuk ke ruang meeting, yang sangat megah dan duiinginnya puol2an. Kursi empuk, besar, dengan sentuhan design minimalist modern (sok tau ), sipp dah pokoknya. Nah tiba masuklah 2 org pria, yang satu gemuk hitam, yang satunya putih kurus, nah yang gemuk hitam namanya Pak Anton, tapi beliau lebih suka di panggil mas katanya, dan yang satunya mas Yusuf, mas ini baru aja 1 bulan bergabung di pertamina. Mas anton adalah pembimbing kami. Wah enak banget orangnya. Seru dan Gaul.  Disana mas anton bekerja pada bagian hardware gt deh, nah kalo mas yusuf bagian aplikasi.
Awal banget, setelah perkenalan, dia mempresentasikan mengenai deprtemen IT, mulai dari stuktur, visi misi, project dan aplikasi apa saja yang dimilki pertamina. Kata teman-teman, KP itu hari pertama pasti geje. Eh jangan salah teman-teman. Perusahaan ini benar-benar profesional. Benar-benar prosedural menurut saya, dan inilah yang saya suka. Jadi buat adek-adek yang pngen KP dan serius bener-bener pengen ngerasain kerja di kantor dalam tim dan situasi layaknya kantor bukan tempat silaturrahmi, silahkan ke PERTAMINA, recommended dari saya.Walaupun profesional, jangan kalian mengira disana sangat kaku. NO. justru Disana kita belajar bagaimana qt bukan hanya bersosialisasi dan mengetahui lingkungan kerja, namun juga bagaimana kita mampu mengerjakan pekerjaan kita dan bertanggung jawab serta siap menerima pekerjaan apapun. Nah di situ tantangannya, kalau hanya sekedar bersosialisasi, rugi sekali, karena hal penting yang juga harus diketahui adalah job description sesuai bidang kita. Jadi, gak ada cerita tu, disana kita nanya “ Pak kita bisa bantu apa? “ atau “Pak kita bisa kerjakan apa ya?”  Pertamina cukup profesional menurut saya. Jelas dan terarah, jadi tidak asal menerima dan memberikan ruangan, tapi juga memberi tantangan kita bekerja dan bersosialisasi di dunia baru dan suasana kerja yang baru.
 Di awal, Pak anton menjelaskan bahwa divisi IT telah merancang beberapa project. Namun untuk menghindari ketidaksesuaian antara minat peserta magang,maka beliau bertanya minat kita di IT di bagian apa. Untuk 2 tim, menjawan aplikasi, 1 tim dari UMM menjawab jaringan, dan tim q menjawab analisa. Ya lebih tepatnya mengimplementasikan ilmu PETI dan MITI. Hmm.. Akhirnya, mas Anton menuliskan di papan project apa saja sebagai pilihan yang bisa dikerjakan. Project yang berhubungan dengan jaringan sudah pasti di ambil oleh anak UMMm sedangkan aplikasi oleh 2 tim lainya. Yang dari TC akan membuat aplikasi intranet, seperti facebook atau kaskus khusus untuk karyawan pertamina. Yang satu tim lagi membuat aplikasi untuk divisi pelumas, saya kurang tau seperti apa aplikasi itu.
Saat itu, mas Anton duduk di dekat kita dan meminta kita menjelaskan sebenarnya yang kita maksud seperti apa. Maklumlah, dia adalah lulusan D3 STIKOM dan pada saat melanjutkan S1 di TC ITS dia d DO akibat tidak bisa membagi waktu dengan kerjaan. Intinya, untuk ank SI yang sedikit mengerti manajemen, maka saya merasa agak kurang nyambung berbicara dengan seorang praktisi. Dengan sabar saya menjelaskan, hingga mas anton pun menyetujinya dengan syarat dia tidak bisa menyediakan data selekngkap-lengkapnya kalau dibutuhkan, dikarenakan dia tidak punya akses untuk itu. Niat nya saya dan rekan saya, KP adalah salah satu moment saya bisa mengerjakan TA saya. Yap, intinya, awal semester depan saya sudah punya judul dan selesai proposal TAnya, kalo memang bisa dikerjakan pada saat KP, kenapa tidak. Hehehe..

Namun baiknya, mas Anton memberikan kesempatan dan waktu pada kita untuk memikirkan mengenai tema yang akan di pilih, jadi kita boleh konsultasi dan sharing dlu dengan dosen atau siapapun. Besok jawaban sudah ada. Akhirnya singkat cerita, hari pertama kita hanya breefing dan brainstorming dengan rekan KP saya dan tim lainnya yang sangat asik anak-anaknya. Teman2,,Adek2,,rekan,, pesan penting, pada intinya memang pihak pertamina menginginkan kita bisa mengerjakan pekerjaan apapun yang diberikan.. namun, mereka benar-benar bisa di ajak sharing dan sama-sama menggali potensi kita… Sehingga sama2 enak dan nyaman tanpa ada tekanan…

Malamnya, sepulang dari pertamina, saya sengaja bolos latihan PSM, untuk berkunjung ke Lab TA dan berkonsultasu dengan banyak orang disana. Ya mereka rata-rata adalah senior yang telah melakukan KP tahun lalu. Singkat cerita ni, mereka mengusulkan agar kita tidak melakukan analisa disana, tapi mengambil pilihan membuat aplikasi yang menurut mereka sangat sederhana. Karena katanya, menganalisa seperti itu terlalu BERAT untuk KP, lebih baik di pakai aja saat TA. So, skrg kerjakan saja aplikasi sambil mencari kolega dan memperluas perkenalan agar bisa mencicil mengerjakan TA dan bisa mendapatkan data disana, Ya begitulah kira-kira. Dan saya dan rekan saya sudah memikirkan matang-matang mengenai hal ini. Baik buruknya hingga kami memutuskan mengambil aplikasi saja untuk project saat KP.

Ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan setelah berbicara dengan Pak Anton :
1. Dalam bekerja kita harus profesional. Apapun tugas dan perintah yang diberikan harus diselesaikan dengan penuh tanggung jawab..
2. Jangan sungkan dan malu bertanya..teruslah belajar dan mengembangkan diri walaupun kita sudah bekerja..
3. Ingat !! kita kuliah di IT,, Sehingga saat kita bekerja,, kita tidak bisa memilih2 jobdes sesuai keinginan kita.. semuanya sudah ada yg menentukan.. so.. kita harus WASPADA dan prepare dgn baik selama kuliah..🙂

Lanjut yaa.., aplikasi web base tersebut Bukan pake php, tapi asp. Nah loh, jujur saya tidak pernah melihat dan menyentuhnya sama sekali, Hewan apa asp itu, wkwkwkw. Walaupun kata mas anton justru lebih mudah, tetap aja yang namanya belum pernah menyentuh terasa greget gmn gt kalo harus bikin aplikasi. Sehingga kita jujur aja kalo bisanya php, hehehe.. Paling krn kasian cewek2,, di bolehin aja,, nah yg cowok2 ttp asp,, ahiiiiyyy…aplikasi yang mau kita buat itu adalah aplikasi meeting management.Katanya sangat dibutuhkan,, kalo ntr bisa di implementasikan dgn baik,, akan d share dengan pertamina upms lainnya🙂

WISH ME LUCK… !!

Oiya,, saya ingin merangkum beberpa tips buat yg mau KP ni :
1. Buat yg gak pngen KP jauh2 tp pngen ttp di tempat yg OKE. PT.PERTAMINA Jagir bisa menjadi solusi anda,, ^^
2. Ajukan proposal secepat mungkin,, krn banyak yg ngelamar dan banyak jg dr luar kota..
3. Kalo mau ajukan langsung anter sendiri dan ketemu sm Mbak cantik d lantai 3..
4. Hati2 masuk pertamina,, semuanya tersistem dan terotomatisasi,, hehehe..
5. Yang ingin selama KP tetep produktif,, ya mending d Pertamina aja,, ato d surabaya diperusahaan lainnya.. Sama kok,,sama2 merasakan KP, sama2 merasakan dunia kerja, sama2 cari pengalaman dan pergaulan baru…gak ada beda dgn yg lain kcuali tmpt,,justru yg saya rasakan, saya lebih produktif,, apalagi yang berniat TA cepat,,saat KP biasanya boleh ijin loh untuk bimbingan,, aseekk… Nah saya mau narsis dikit boleh donk ya,, sambil KP,, saya bisa ikut banyak kegitan,, seperti perform di Grandcity, G walk, Galaxy Mall, dan syuting Iklan kapal api,, hahah,,nonton ya rek,, hihi…

Demikianlah cerita saya hari pertama,semangat semuanya,,, semangat Arina Maya ^^

http://millati-amalia.blogspot.com/

———————————————————————————————————————————————————-

setiap orang punya cerita, begitu juga dengan millati amalia yang punya cerita tentang tempat KP nya, begitu indah, seru dan menegangkan. Insyaallah setiap hal yang kita lalui akan menjadi kenangan terindah bagi kita🙂

ayok mana ceritamu…:)


2 thoughts on “cerita KP ditempat lain #millati.amalia part-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s