cerita KP ditempat lain dari bung AULIA ARDY :)


Hari ini tepatnya tanggal 6 juli 2011, tepat dengan hari ke 4 saya kerja praktek di salah satu perusahaan di jawa barat.pertama sekali siapa sangka kalau akhirnya bisa bekerja disini walaupun sebagai PSK (Pekerja Serabutan kantoran).

hari pertama menginjakkan kaki disitu terasa asing,bagaimana tidak semua orang yang saya temui begitu sibuk dengan monitornya. berkutat dengan kayar bertulisan “Hyper terminal,CMD, Putty, RDC, dll”. gemetar?? ia pastinya. kenapa?? “kebelet pipis, dingin tauk!!”. longor!!!.

hari ini adalah masa observasi perusahaan, dimana saya dan teman saya disuruh melihat-lihat dulu kerjaan apa yang cocok untuk kami walaupun sebenarnya telah terjadi kesepakatan akan mengolah data warehouse. ternyata sesuai dugaan tidak seperti yang saya pelajari dikampus, disini lebih kejam!! bayangkan saja mereka mengolah data satu indonesia.tidak seperti kita yang cuma mengandalkan rumus excel randbetween() terus ‘kopas’ dan import data kedalam table.

teknologi yang digunakan juga berbeda dengan biasa yang kita pakai, kebanyakan mereka memakai tools murni. keahlian kita membuat puisi berjudul “query” dilengkapi dengan kiasan “function()” dipertaruhkan disini…

kebetulan saya juga bertemu salah satu alumni kampus saya yang bekerja disitu juga. tentunya saya banyak bertanya tentang bekerja diperusahaan tersebut.

yang pertama sekali saya tanyakan kepada dia, sudah berapa lama dia kerja disitu? “3 tahun”, jawabnya. dia menjawab dengan senyuman penuh maksud.ternyata sebelum disitu dia sudah pernah bekerja di perusahaan lain.lalu yang menjadi pertanyaan saya semenjak semester 1 pun terjawab sudah ketika saya bertanya “mas,kira-kira butuh berapa lama disini mas buat jadi manajer?” tanyaku, “saya saja sudah 3 tahun masih begini terus” jawabnya pungkas. ternyata anggapan ketika kita masuk kerja langsung menjadi manajer 100% salah .tidak ada yang simpel didunia ini, semuanya bergantung kepada proses.

saya sendiri merasa minder ketika disuruh presentasikan mata kuliah apa saja yang berkaitan dengan data,dengan segala keterbatasan kami menjabarkan satu persatu. terus terang pada saat disitu merasa seperti ‘jarum dalam jerami’. hal inilah yang membuat saya merasa minder, semenjak pergantian kurikulum tahun 2009 kemarin dan saya bandingkan dengan kurikulum sebenarnya ternyata yang dipakai pada kurikulum baru hanyalah mata kuliah bagi sang manajer, sementara pertama sekali bekerja murni kemampuan teknis, sedangkan manajer saja perlu kemampuan teknis untuk membina anak buahnya.sendratari, drama, KI menurut saya penting tetapi jangan terlalu dibesarkan porsinya. karena menurut saya itu hanya sebagai pelengkap. lebih cocok jika diterapkan disemester akhir.

sudahlah tidak usah membicarakan yang sudah lewat, cukup angkatan kami(terakhir dari yang sebelumnya) saja yang merasakan derita  disuruh menuliskan baris kode terengah-engah, bermodalkan mulut tanpa bungkus keahlian teknis…

saya teringat kepada adik-adik kelas saya nanti, apakah mereka akan merasakan hal yang sama?? seperti kami, saya berharap tidak….

——————————————————————————————————————————————————————-

semoga teman-teman dan adek-adek menangkap apa yang dicurhatkan oleh mas aulia ardy di dalam kisahnya selama dia KP 4 hari ini. teman-teman dan adek-adek yang masih KP atau pastinya akan KP dan mempersiapkan KP, pastikan bahwa ilmu yang kalian pelajari matang dan menangkap ilmunya hingga kedalam (keakar-akarnya). karena, di dunia kerja hal itu akan sangat jauh berbeda dan sangat lebih rumit dari apa yang teman-teman dan adek-adek bayangkan. semangat ya, insyallah cerita-cerita berikutnya menyusul🙂

semangat teman-teman dan adek-adek, hari ini kalian masih punya kesempatan yang jauh lebih banyak untuk lebih mendalami bidang ilmu kalian. kalau kalian mau tekun untuk terus belajar dan berusaha, insyaallah akan ada kemudahan esok🙂. Dan menurut saya, segala hantaman, kerjaan, permasalahan akan dapat kalian hadapi dan kalian selesaikan kalau diri kalian selalu kalian tempa dengan hal-hal itu, sehingga kalian akan siap nantinya dan siap memberikan solusi yang terbaik.


4 thoughts on “cerita KP ditempat lain dari bung AULIA ARDY :)

  1. Sangat informatif sekali..🙂 Klo menurut mas, ilmu teknis apa yang kira-kira perlu didalami dari pengalaman KP mas? biar bisa siap2 dulu..

    1. menurutku dek, bidang yang ada di SI mendukung sekali, kalau saranku pelajari dalam-dalam semuanya, terutama di mata kuliah yang kamu sangat minati sekali. insyaallah semuanya berguna dek. tinggal nanti kamu cocokan sama bidang yang kamu sangat sukai🙂
      rencana PKL dimana ?

Leave a Reply

