ini ceritaku..


Alhamdulillah, masa kerja praktek a.k.a KP sudah dimulai. Ini awal dimana sebuah pembelajaran yang sebenarnya dimulai, belajar akan ilmu yang kita pelajari di bangku kuliah, belajar tentang tepat waktu, belajar tentang mengerti, belajar tentang kehidupan, belajar tentang sabar, belajar tentang kesederhanaan, dan pastinya belajar untuk terus mau belajar.

Teman-teman pasti sudah pada tahu, untuk apa kita susah-susah mau mengikuti KP ini kan ? pastinya harus sudah mengerti, karena disaat kita kerja praktek kita akan berhadapan langsung dengan realita di perusahaan. Banyak permasalahan perusahaan yang harus sanggup kita jawab dan kita selesaikan. Hal ini butuh usaha dan kerja keras kita yang sangat besar, agar apa yang kita kerjakan tidak sia-sia alias berguna. Kerja praktek sejatinya menuntut mahasiswa nya untuk belajar mandiri dan lebih mengenal perusahaan (dunia kerja) yang sebenarnya.

Teman-teman, banyak hal yang bisa kita siapkan untuk berangkat kerja praktek. Mulai dari persiapan berkas-berkas dokumen hingga persiapan tempat tinggal dan rekan kerja. Buat kamu yang sudah merencakan kepergian KP, jangan lupa perhatikan sistem administrasi dari perusahaan yang mau dituju. Biasanya sih perusahaan menginginkan calon KP’ers nya untuk mengirimkan curriculum vitae dan surat permohonan untuk kerja praktek, oia jangan lupa juga surat resmi dari jurusan tempat kamu menimba ilmu ya.Karena itu menjadi bahan validate kamu bahwa kamu sedang kuliah di jurusan tersebut. Jangan lupa juga teman-teman, tentukan mau ke perusahaan mana mau berangkat KP. Kalau untuk anak-anak Sistem Informasi sih, dimana aja bisa asalkan ada kemauan untuk pergi ketempat itu. Kenapa aku bilang seperti itu, karena toh rupanya banyak teman-teman saya yang KP di tempat-tempat yang “agak” berbeda dengan keprofesian kami. contohnya di bank (bank kan ngurusin uang yaa..:p), ada yang di pupuk kaltim ( nah lo pupuk mana hub ama IT apa ya), ada yang di telekomunikasi ( kalau ini cocok :D), dll. Macem-macem deh pokoknya, kalau untuk anak Sistem Informasi. Jadi buat teman-teman yang ingin dan akan merencanakan KP, jangan takut untuk mengirimkan proposal nya ya..:)

Berikutnya yang mesti kamu siapin kalau sudah keterima KP di tempat yang kamu pengen, pastikan ada surat resmi dari perusahaan yang kamu tuju itu. Surat resmi yang isinya menyatakan bahwa kamu diterima di perusahaan tersebut, disitu biasanya tertera nama pembimbing tim kamu. Saran aja, kalau bisa kamu hubungi aja pembimbing yang tertera namanya untuk menjalin komunikasi diawal dengan beliaunya.

…next episode

persiapan,,,

Siapkan mental, perbanyak do’a, jangan lupa sungkem ama ortu dan extension lainnya (pacar, sahabat, tetangga, pak RT, pak RW, budhe, pakdhe, bulek, paklek, mbak, adek, sobat, pak kiai,dll) :p. Saat temen-temen mau berangkat KP, ada beberapa hal yang bisa teman-teman siapkan.

1. pastikan peralatan pribadi dibawa

2. pastikan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tempat KP kamu jangan lupa dimasukkan

3. jangan lupa bawa obat-obatan pribadi

4. pastikan memesan tiket pulang dan pergi (cek dulu harga tiketnya, entah pesawat, kereta, bis, bahkan kapal)

5. jangan lupa bawa almamater

6. jangan lupa bawa uang yang cukup (biasanya untuk makan saat perjalanan, untuk bayar kamar kos, bayar alat transport di kota tujuan, dll yang butuh nya cepet)

7. jangan datang ke kota tujuan mepet-mepet (karena pasti kamu akan bingung cari kebutuhan-kebutuhan kamu)

8. kalau sudah sampai tempat tujuan, jangan lupa hubungi orang dirumah (ortu dan extension lainnya seperti pacar, sahabat, tetangga, pak RT, pak RW, budhe, pakdhe, bulek, paklek, mbak, adek, sobat, pak kiai,dll) 😀

setelah kamu di tempat KP, istirahatlah yang cukup. karena esok paginya kamu akan belajar banyak hal. Belajar ilmu-ilmu baru yang masih eksak dalam pikiran kamu. oleh karena itu, kamu musti siapkan dirikamu untuk hal yang jauh lebih besar.

sedikit cerita ini, mengawali ceritaku untuk menuntut ilmu yang jauh lebih banyak lagi. semoga esok akan lebih baik lagi.

“Jika urusan duniaku untuk besok telah siap, maka sebentar lagi adalah kewajibanku memohon kepada penciptaku untuk rahmat-Nya esok pagi”
terimakasih mas Nieko Haryo Pradhito untuk inspirasinya🙂

insyaallah cerita ini akan berlanjut nanti hari per harinya, seiring langkah yang terus menyusuri ibu kota untuk hal dasyat lainnya. semoga setiap langkah kita tak pernah kita luputkan dan kita sia-siakan untuk terus maju dan berkembang.🙂

ijinkan saya mengutip jargon kawan-kawan dari ITB, sebuah jargon yang menurut saya memiliki arti yang sangat dalam. Menurut saya disitu banyak tersirat beragam makna. Dimana kita percaya pada Tuhan, Mengabdi bagi Bangsa dan berkontribusi bagi Almamater.

#untukTUHAN,Bangsa,danAlmamater

mohon saran dan kritiknya dari tulisan yang masih jelek ini, untuk perbaikan kedepannya. Semoga berguna bagi siapapun yang membacanya..:)


6 thoughts on “ini ceritaku..

    1. utang…:D ??? heheeee
      alhamdulillah baik…agak pusing juga…(tapi pusingnya, liat ruwetnya jakarta)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s