SUMPAH KARATE

  1. Sanggup Memelihara Kepribadian
  2. Sanggup Patuh Pada Kejujuran
  3. Sanggup Mempertinggi Prestasi
  4. Sanggup Menjaga Sopan Santun
  5. Sanggup Menguasai Diri

SEJARAH KARATE ITS

Sejarah Karate di Indonesia dimulai ketika beberapa mahasiswa Indonesia yang telah menyelesaikan belajarnya di Jepang pulang ke Tanah Air sekitar tahun 1960-an. Kemudian mahasiswa-mahasiswa tersebut membuka perguruan-perguruan Karate di Jakarta. Sejak saat itu Karate masuk ke Indonesia dan dalam perkembangannya mengalami kemajuan yang sangat pesat. Oleh karena itu, pada tanggal 10 Maret 1964 dibentuklah PORKI. Melalui  Kongres   IV   PORKI  di  Jakarta   pada   tanggal 8 Oktober 1972 disepakati PORKI berubah nama menjadi FORKI.

Secara kronologis perkembangan Karate di ITS mengikuti perkembangan Karate di Indonesia. Dan lazimnya, Perguruan Karate di kampus-kampus merupakan sub organisasi dari perguruan Karate di luar kampus. Sehingga praktis perkembangan Karate di ITS tidak lepas dari induk perguruannya.

Di ITS, beberapa mahasiswa yang telah mengikuti Karate di luar kampus, mengajak rekan-rekannya utnuk berlatih bersama-sama dan membentuk Perguruan Karate pada Oktober 1969. Pada tahun 1971 secara resmi dibentuk Perguruan Karate di ITS dengan nama Lembaga Karate ITS dan berafiliasi ke Perguruan Karate INKAI. Lembaga Karate ITS mengalami kemajuan pesat dan berhasil menjuarai berbagai kejuaraan-kejuaraan Karate tingkat daerah dan nasional. Bahkan, J. Soedarsono, selaku pendiri, pernah menduduki peringkat 9 pada Tim Indonesia untuk  Kejuaraan Dunia tahun 1972  di Perancis.

Kemudian sejak Dewan Mahasiswa dihapus oleh NKK/BKK pada tahun 1978, Lembaga Karate ITS mengalami masa vakum. Dan pada tahun 1980 diaktifkan kembali. Dengan keluarnya PP No. 5 tahun 1983 tentang Struktur Organisasi dan Lembaga Perguruan Tinggi, maka Lembaga Karate ITS diubah namanya menjadi Unit Kegiatan (UK) Karate-Do ITS. Dengan keluarnya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0457/O/1990 tentang Organisasi mahasiswa, UK Karate-Do ITS, sebagai Organisasi Mahasiswa, diubah kembali namanya menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate-Do ITS.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s