Sedikit tentang cerita cinta Tuban dan ke ‘Khas’an nya


Photo 0409

Ini sebuah cerita yang kusebut “Cerita tentang cita kotaKu”, TUBAN, sebuah kota kecil yang berada di sebelah utara jawa timur, itulah nama kota yang selama ini menjadi tempat tinggal ku selama hampir 18 tahun. Menurut cerita masyarakat sekitar TUBAN berasal dari kata WATU TIBAN (nb:batu jatuh). Konon ceritanya dahulu kala, ada batu yang sangat besar yang jatuh ke kota ini, jumlah batu yang diperkirakan berjmlah 2 buah ini bisa dibilang sangat besar. Mungkin keberadaan batu ini sekarang berada di museum kambang putih yang terletak di sebelah selatan alun-alun kota tuban. Kembali ke kisah kota ini,,,^.^ dikota ini dulunya juga merupakan salah satu tempat lahirnya peradaban islam. Ehmm…..kenapa begitu, yaaaa karena di kota ini dulunya merupakan salah satu tempat perkembangan agama islam yang dibawakan oleh sunan bonang. Alhasil, seperti inilah sekarang kota tuban, kota yang penuh nuansa religius, masyarakat yang beragama, tempat pariwisata, dan masih banyak lagi. Dikota ini, kebanyakan penduduknya bekerja sebagai nelayan, hal ini dikarenakan lokasi kota tuban yang sangat dekat dengan pantai dan laut jawa sehingga memungkinkan banyak masyarakat yang bekerja sebagai nelayan. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan adanya perkembangan di dunia agraris, tak sedikit juga masyarakat kota tuban bekerja sebagai petani. Ehmm,,bisa dibilang di kota ini, lengkap semua lini pekerjaan ada, mulai dari yang berhubungan dengan tanah, padi dan yang berhubungan dengan lautan , ikan, dan tempat pelelangan ikan.

Dikota ini ada sebuah makanan khas (bisa dikatakan buah) yaitu sebut saja namanya ental yang berasal dari pohon siwalan. Buah ini sangat lezat, apalagi kalau buah ini dingin terasa sangat menyegarkan sebagai hidangan penutup setelah makan. Hemmm…….dari pohon siwalan ini juga didapatkan minuman berwarna putih yang terasa manis sedikit berarbonasi,,yaaaa apalah itu namanya, intinya minuman ini memiliki rasa yang unik, sehingga bagi siapapun yang pertama kali mencoba akan terasa tidak enak, tapi setelah mencoba beberapa kali pasti dijamin ketagihan..hehehe^^. Namanya ‘LEGEN’ itulah minuman yang aku maksudkan, ehmm sama seperti ENTAL, terasa begitu segar apabila dihidangkan dalam keadaan dingin.

Itulah sedikit yang dapat aku ceritakan tentang kota kecil di pinggiran pantura ini, semoga buat anda semua yang belum pernah berkunjung kesini (baca:ke tuban), monggo,,silahkan,,mampir yach…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s