Open source????apa yaaaaa


temen…temen…tau ndak open source….

duhhhhhh……..kuq pada ndak tau c…..

si ikin aja tau……^_^

yup open source adalah sebuah kode yang sifatnya terbuka atau dapat diketahui oleh orang lain, biasanya Open Source ini identik dengan Open Source Software, yaitu sebuah perangkat lunak yang diciptakan dengan menggunakan metode Open source itu sendiri dimana orang lain dapat mengetahui cara kerja software software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut.
Jadi, dengan adanya Open Source kita diberikan kemudahaan dan kebebasan dalam mengembangkan sebuah peranti lunak. Selainitu Open source definisi open source yang asli seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition) yaitu:
• Free Redistribution
• Source Code
• Derived Works
• Integrity of the Authors Source Code
• No Discrimination Against Persons or Groups
• No Discrimination Against Fields of Endeavor
• Distribution of License
• License Must Not Be Specific to a Product
• License Must Not Contaminate Other Software

Open source tidak hanya berarti bebasnya akses terhadap kode sumber. Syarat-syarat distribusi open source software harus memenuhi kriteria-kriteria berikut:

1. Distribusi Ulang Gratis

2. Kode Sumber

3. Kerja Turunan

4. Integritas Penulis Kode Sumber

5. Tak Ada Diskriminasi terhadap Pribadi atau Golongan

6. Tak Ada Diskriminasi terhadap Bidang atau Usaha Tertentu

7. Distribusi Lisensi

8. Lisensi Tidak Spesifik untuk Satu Produk

9. Lisensi Tidak Membatasi Software Lain

10. Lisensi Harus Netral terhadap Teknologi

di kalangan masyarakat, kita tahu bahwa operating sistem yang terkenal adalah Microsft Windows. yupz…windows mahal….ya itulah yang terjadi di masyarakat….tetapi saat ini dengan adanya open source…kita sebagai orang yang melek IT kita pasti senang dengan adanya open source…salah satu faktor utama dari maraknya penggunaan sistem operasi Microsoft windows disebabkan sebagian besar penjual komputer telah menginstalkan sistem operasi buatan Bill Gates ini disetiap komputer yang dijual.

tahukah kalian kenapa kita lebih memilih menggunakan open source daripada OS yang lain…

a. Gratis

yups…open source adalah sebuah software free yang diberikan oleh sebuah perusahaan yang didalamnya berada orang-orang yang bekerja bersama..dan membuat OS yang di buat dan dapat digunakan secara luas dan gratis oleh khalayak ramai.

gratis, kita dapat mendownload sendiri open source seperti ini,,,contoh open source linux

b. Aman

aman karena open source dapat kita utak-atik system nya….sehingga kita dapat mengatur sendiri sistem keamanan nya

c. Relatif bebas virus

sangat bebas virus…..pasti…karena setauku virus selama ini yang beredar kebanyakan virus yang diperuntukkan untuk operating windows XP…

d. Dapat dipelajari

nie yang lebih penting dan banyak manfaat nya bagi user…karena dengan menggunakan open source ini kita dapat belajar untuk melakukan dan pengaturan syntax-syntax yang ada di dalam nya,,,kita juga dapat merubah-rubah algoritma nya sehingga kita dapat menghasilkan open source sesuai dengan apa yang kita inginkan.

LINUX

Nama Linux merupakan kombinasi unik antara nama penciptanya dan nama
sistem operasi yang menjadi targetnya (UNIX). Semuanya berawal dari sebuah sistem operasi bernama Minix. Minix dibuat oleh Profesor Andrew Tanenbaum. Minix adalah sistem operasi mirip UNIX yang bekerja pada PC.
Torvald adalah salah seorang mahasiswa di Universitas Helsinki yang
menggunakan Minix. Walaupun cukup bagus, ia belum menganggap Minix memadai. Kemudian pada tahun 1991 ia membuat sistem operasi yang merupakan clone UNIX, yang diberi nama Linux.
Seperti halnya Minix, Linux tidak menggunakan kode apa pun dari vendor
UNIX komersial, sehingga Torvalds mendistribusikan linux di internet secara bebas dan gratis.
Pada 1996, tim pengembangan Linux yang ada diseluruh dunia mulai
memberikan hasilnya. Tahun itu mereka telah membuat versi Linux untuk sejumlah versi hardware, dari Atari ST sampai Macintosh.
Linux terus berkembang pesat, utamanya karena ada sejumlah distributor
(seperti RedHat, Caldera, dsb) yang berkompetisi untuk berebut pangsa pasar. Oleh karena itu dibentuk kelompok bernama Linux Standard Base. Kelompok ini bekerja untuk memastikan bahwa beragam distribusi Linux yang ada tetap bisa menjalankan.

aplikasi yang sama dan saling berinteroperasi. Saat ini ada tujuh distribusi Linux
paling terkenal, yaitu :
1. RedHat Linux, distributor paling populer di AS dan salah satu yang paling
mudah digunakan.
2. Mandrake Linux, distributor yang menambahkan update dan patch untuk
RedHat Linux.
3. Caldera Open Linux, distibrusi Linux dengan instalasi dan lingkungan
pengguna berbasis grafis yang bagus.
4. Suse Linux, distribusi Linux paling populer di Eropa yang juga
menyediakan perangkat instalasi dan panduan berbahasa Indonesia.
5. Slackware Linux.
6. Debian GNU/Linux.
7. TurboLinux, distribusi Linux paling populer di Asia yang menyediakan
dukungan untuk set karakter khusus Asia.

Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran
menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.
Sejarah sistem pengoperasian berdasarkan Linux berkaitan arat dengan projek GNU, projek program bebas terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Projek GNU bermula pada 1983 untuk membuat sistem pengoperasian seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembangunan dan seterusnya — dikarang sepenuhnya dengan Program Bebas. Pada 1991, apabila versi pertama kerangka Linux ditulis, projek GNU project telah menghasilkan hampir kesemua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembangun kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem Pengoperasian yang cukup berfungsi. Oleh itu, Linux melengkapkan ruang terakhir dalam rancangan GNU.
Walaupun kernel Linux dilisensikan di bawah GNU General Public License, ia bukannya sebesar dari projek GNU. Tux, seekor Penguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. Linux adalah tandaniaga (SN: 1916230) yang dimiliki oleh Linus Torvalds. Linux terdaftar sebagai “Program sistem pengoperasian komputer bagi penggunaan komputer dan operasi”. Tandaniaga ini diletak setelah berlaku suatu kejadian di mana seorang pemalsu bernama William R Della Croce Jr mula menghantar surat kepada para pengedar Linux yang megklaim tandaniaga Li adalah kepunyaannya serta meminta royalti sebanyak 10% dari mereka. Para pengedar Linux mulai mendorong agar tandaniaga yang asal diberi kepada Linus Torvalds. Perlisensian tandaniaga Linux sekarang dikendali oleh Linux Mark Institute.

POSS (Pendayagunaan Open Souce Software)

POSS adalah akronim dari (Pendayagunaan Open Source Software), yaitu sebuah program bersama yang dicanangkan oleh Pemerintah (Kementrian Riset dan Teknologi). Program ini bersinergi dengan beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta diseluruh Indonesia, serta unsur-unsur komunitas yang memiliki arah dan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan awareness, daya saing IT dan aplikasinya, serta penetrasi penggunaan software FOSS bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selanjutnya untuk membangun sinergi antar institusi yaang terlibat dalam aktivitas POSS maka kemudian dibangunlah Jaringan Pendayagunaan Open Sourse Software (POSS Network) dengan fasilitator dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Jaringan yang diprakarsai oleh ITB ini bertujuan melakukan pertukaran, replikasi, maupun berbagi pengetahuan, pengalaman, bahkan “tools” untuk lebih mengefektifkan operasi POSS. Setiap POSS beroperasi secara mandiri, sesuai dengan kondisi dan kebijakan lokal, tanpa ada interfensi dari POSS lain. Ruang lingkup POSS Network ini antara lain yang telah disepakati adalah (1) pertukaran maupun berbagi pengetahuan dan pengalaman, (2) pengembangan maupun penyesuaian OSS secara bersama, (3) pengembangan sistem pengujian OSS serta program pelatihan OSS, (4) replikasi OSS untuk disebar luaskan ke masyarakat umum, dan (5) pembangunan repository yang terpadu. Jaringan Pusat Pendayagunaan Open Source Software (POSS Network) merupakan jaringan perguruan tinggi di Indonesia, yang bertujuan untuk mempercepat pendayagunaan OSS di masyarakat. POSS Network bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penggunaan perangkat komputer (khususnya perangkat lunak komputer) yang legal. Tujuan ini dicapai melalui sejumlah aktivitas yang orientasinya adalah membantu masyarakat untuk dapat lebih memanfaatkan perangkat komputer dengan menggunakan OSS sebaik dan semudah mungkin, misalnya melalui :
1. Pendayagunaan OSS sesuai dengan kebutuhan,
2. Sosialisasi OSS, dan
3. Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan apresiasi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan
Informasi seputar POSS dan POSS Network dapat dilihat di alamat http://poss.or.id


2 thoughts on “Open source????apa yaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s